HOMEFRONT Revolution

Friday, December 6, 2013

PES 2014 Gameplay

      

     Secara garis besar versi 2014 ini cukup jauh melonjak perbedaannya dengan seri2 sebelumnya. Dari grafik sampai gameplay-nya hingga fitur2nya super baru semua dah, bisa dibilang ini adalah penyempurnaan serta penggabungan dari PES 2010 hingga 2013. Tapi tujuan dari game PES pabrikan KONAMI ini yang membedakan dengan FIFA adalah; PES lebih disuguhkan sebagai ajang seolah-olah kita sedang menonton sepak bola di layar siaran/ TV, sedangkan FIFA lebih mengedepankan gaming-nya. Langsung saja kita mulai dari tips dan trik Pes 2014 versi RafiGame30. 

  1.    POLA PERMAINAN
      Pola permainan di PES 2014 adalah permainan pelan, jadi penguasaan bola sangatlah penting. Sistem automatic AI (kecerdasan komputer) di versi ini lebih disiplin dalam menjaga daerah pertahanan, sehingga membuat kita harus bersabar untuk mencari celah. Permainan pelan akan berubah menjadi cepat secara otomatif apabila kita telah menemukan celah membongkar pertahanan lawan.

      Gaya permainan serangan balik cepat kurang efektif. (kalau di PES 2013 biasanya aku full defend ketika diserang lalu pas dapat bola, pake analog kanan untuk menggerakkan striker yang sudah bersiap di depan (meski tidak terlihat namun bisa dipantau lewat radar), begitu sudah mepet dengan garis offside langsung maen umpan lambung super jauh kedepan, dan terjadi bola lepas n one on one dengan kiper lawan). Namun strategy itu di PES 2014 tidak bisa diterapkan, karena automatic AI disini lebih cerdas, bahkan ketika kita mengaktifkan analog kanan maka lawan akan melakukan pressing pada si pengumpan bahkan tidak diijinkan mengumpan. Di PES 2014 apabila terlalu banyak defend dan lawan mampu melakukan shot-shot maka permainan kita akan cenderung mati.   Ketika permainan kita sudah mati maka akan terasa berat banget memainkan permainan ini. Bahkan membawa joystik rasanya bagaikan mengangkat gunung semeru.
    
      Penguasaan bola individu lebih mudah. Sebenarnya kita tidak perlu khawatir ketika menggiring bola lalu ada pemain lawan yang berusaha merebut. Cukup kita tenang dan berputar-putar pelan maka lawan akan kesusahan merebut, usahakan membelakangi lawan yang merebut. Untuk melewati lawan dengan cara tenang dapat dilakukan dengan menggunakan kombinasi analog kiri dan kanan (nanti akan dibahas di optimasi analog kanan).
      Cara mencetak gol. Berikut adalah statistik tentang proses terjadinya gol di PES 2014 yang telah dilakukan oleh para manusia galau pencari aplikasi kebahagiaan.
Dari 98 gol yang telah terjadi:
One on one      = 65%
Kemelut           = 15%
Umpan silang  = 9%
Bola mentah    = 8%
Tendangan bebas= 3%
 Sedangkan gol yang minim sekali terjadi adalah yang tercipta dari:
Shot jarak jauh, atau tendangan ke gawang saat tim lawan dalam kondisi siap bertahan,

      Nah lalu bagaimana statistik proses terjadinya peluang2 tersebut?: hampir dipastikan 90% peluang berasal dari umpan terobosan yang mampu menembus garis offside. Apabila telah sukses melewati garis offside pertahanan lawan maka akan terjadi bola lepas yang menciptakan peluang sperti one on one, umpan silang, bola mentah bahkan kemelut (kalau shot-nya dimentahkan kiper). Kemelut di PES 2014 lebih prospek dalam mencetak gol, karena striker lebih agresif di kotak pinalty lawan, sementara itu dalam kondisi kemelut pemain bertahan akan susah bergerak dan terasa berat banget digerakkan.


      Cara menembus garis offside pertahanan lawan. Karena peluang umumnya berawal dari terobosan ini, maka mari kita bahas bagaimana tips triknya. Alangkah baiknya kita sudah familiar menggunakan analog kanan. Timing dalam mengumpan agar tidak terjebak offside kita memang harus teliti melihat pemain yang akan diumpan dan juga melihat radar. Berikut adalah tips triknya
a)    Menggunakan analog kanan (seperti pes 2013 atau pes 2012)
                        Dalam versi 2014 "delay" lebih lama, jadi setelah analog kanan aktif, pemain yang dianalog kanan butuh waktu untuk berlari sesuai arah yang kita arahkan. Apabila pemain yang dianalog kanan itu tidak ada yang menjaga langsung umpan terobos dan terjadilah peluang, (syukur2 CB pemain lawan ngantong). Tapi kalau ada yang menjaga ya, sabar dulu deh nyoba meng-analog kanan pemain lainnya.
b)   Umpan one-two dengan analog kanan
                        Kalau hanya sekedar L1+X maka pemain hanya akan berlari lurus kedepan (direction), tapi belum tentu di depannya kosong. Maka menggunakan analog kanan bisa menginginkan arah one-two yang kita inginkan. L1+X lalu (ketika bola mengalir) L1+ arahkan analog kanan kearah zona yang kosong. Arah umpan one two tidak harus lurus kedepan namun bisa serong kearah yang kita inginkan.


0 komentar:

Post a Comment